Stand peserta Pesta Buku Jakarta 2010 |
Stand Freeport Indonesia di salah satu event pameran di Jakarta |
Menjadi
Peserta Event
Mengikuti suatu
event sebagai peserta event memerlukan perencanaan yang baikkarena biaya mengikuti
event sudah tentu mahal karena suatu event biasa dilaksakanan di gedung yang
bergengsi.
Tahap Persiapan yang harus dilakukan adalah
1.
Yang
pertama harus diputuskan adalah menentukan apakah keikutsertaan untuk berpromosi
atau melakukan penjualan. Hal ini perlu dipastikan dengan mempertimbangkan harapan
dari pemilik perusahaan yang akan menjadi peserta event dengan sejumlah uang
untuk membiayai keikutsertaan. Bila hanya untuk berpromosi maka tidak fokus
pada target penjualan demikian sebaliknya bila fokus pada penjualan maka
seluruh sumber daya difokuskan untuk mencapai target tersebut.
2.
Menghitung
sumber daya yang diperlukan untuk memenuhi pencapaian target diatas, termasuk
target promosi dalam jumlah pengunjung yang ingin tahu dan target penjualan
dalam bentuk rupiah. Bila pilihannya adalah keduanya untuk berpomosi dan
melakukan penjualan tentu dibutuhkan sumber daya yang lebih besar lagi dibandingkan
hanya satu tujuan
3.
Penampilan
stand dibuat semenarik mungkin agar pengunjung dapat leluasa melihat, mengidentifikasi
perusahaan, datang ke stand dan mendapat informasi atau produk yang dibutuhkan.
Penampilan stand yang baik dihasilkan dari proses yang matang mulai dari
disain, pembuatan atribut hingga proses pemasangan atribut di lokasi. Beberapa hal
yang perlu diperhatikan seperti lay out (alur keluar masuk pengunjung, posisi
kasir, furniture lain), warna dasar atribut termasuk warna karpet, seragam
penjaga stand, dsb
4.
Furniture
/ atribut stand dipilh yang mudah dipasang dan bongkar, biasanya untuk perlengkapan
yang disediakan panitia berupa satu buah meja dan dua buah kursi. Bisa jadi
furniture yang disediakan tidak diperlukan dan dapat diganti dengan milik atau
disain sendiri. Mengapa mudah dipasang dan dibongkar karena biasanya panitia
akan membatasi waktu untuk pasang dan bongkar. Biasanya satu hari sebelum hari
pelaksanaan, peserta diberi waktu melakukan pemasangan dan diminta untuk bongkar
stand pada hari terakhir lebih kurang 4 jam. Semakin fokus pada penjualan dibutuhkan
furniture lebih banyak
5.
Perlengkapan
promosi yang akan dibuat seperti spanduk, standing banner, wall banner, poster,
flyers, company profile, kartu nama, kostum penjaga stand dsb
6.
Penjaga
Stand atau SPG atau SPB yang harus dilatih untuk mendukung tujuan keikutsertaan
event tersebut. Penjaga stand sebaiknya dilatih melalui beberapa tahap pelatihan
termasuk
a)
Seluk
beluk perusahaan misal arti nama, moto, nilai, visi dan misi perusahaan, bisnis
yang digeluti, system pemasaran, dan saluran distribusi
b)
Cara
menyapa pengunjung, berkenalan dan meminta data pengunjung atau isi buku tamu
c)
Cara
menerima pengunjung mulai mempersilakan masuk, duduk dan melakukan presentasi
produk, memberi hadiah dsb
d)
Cara
menjawab pertanyaan yang mungkin muncul, biasanya perusahaan sudah menyiapkan
daftar pertanyaan yang biasa ditanya (frequently ask question)
7.
Menyusun
daftar acara atau kegiatan stand, mungkin tidak ada acara khusus tetapi paling
tidak setiap penjaga stand memiliki aktivitas harian, bisa dimulai dari
persiapan buka stand misal bersih-bersih, rapikan atribut, memastikan jumlah
atribut yang tersedia dll
Tahap pelatihan, para calon penjaga stand melaksanakan role play |
Peletakan standing banner di dekat pintu masuk dan papan informasi pameran |
Salah satu stand pameran dipenuhi dengan informasi melalui standing banner dan wall banner di dalam stand |
Flyers, Brosur, Company Profile dan kartu nama sebagai perlengkapan promosi disiapkan |
Untuk mendukung kegiatan promosi diadakan kegiatan untuk anak-anak seperti membuat kerajinana tangan, menggambar, melipat atau kreasi plastisin |
Stand yang menjual produk buku |
Salah satu stand yang mempromosikan situs online shop |
Stand dipadati dengan furniture display produk menunjukkan tujuan peserta stand untuk menjual produk |
Salah satu stand yang mempromosikan situs online shop |
Tahap Pelaksanaan yang harus
dilakukan adalah
1.
Memastikan
semua atribut telah terpasang sesuai dengan rencana
2.
Memastikan
perlengkapan promosi telah tersedia tau terpasang pada tempat yang ditentukan
3.
Penjaga
stand telah siap dengan atribut yang ditetapkan
4.
Melaksanakan
kegiatan stand sesuai susunan daftar kegiatan
Tahap
Pasca Pelaksanaan
yang harus dilakukan adalah
1.
Evaluasi
kegiatan harian, jumlah data pengunjung, jumlah penjualan, hal yang ditanya
pelanggan dan belum terjawab, produk serta perlengkapan promosi yang diberikan
dan tersisa, dsb
2.
Evaluasi
kegiatan selama event berlangsung, merekap jumlah data pengunjung, jumlah
penjualan, produk serta perlangkapan promosi yang diberikan dan tersisa atau
hilang
3.
Membuat
Laporan Kegiatan termasuk menyebutkan target yang tercapai serta kesimpulan apakah
event ini memberi manfaat pada perusahaan
Tidak ada komentar:
Posting Komentar