Port of Rotterdam http://www.safety4sea.com/page/14888/9/project-for-a-new-container-terminal-in-the-port-of-rotterdam-receives-eu-suppor |
Container Port atau Pelabuhan Container adalah
pelabuhan yang mengelola pengiriman barang
menggunakan container. Volume pada Container Ports menunjukkan jumlah
container yang dilayani atau melalui pelabuhan tersebut. Seperti pada tabel
dibawah ini bahwa di Pelabuhan Shanghai selama tahun 2011 terdapat 31.74 juta
container atau peti kemas yang melalui pelabuhan tersebut.
LA Port http://www.portoflosangeles.org/newsroom/pola_presskit_photos/Lo_Res/operations/Pier%20300-400%20Container%20Terminals.jpg |
Transhipment darat dan laut http://www.portofhamburg.com/en/fotostrecke/hhla-container-terminal-burchardkai |
Container
Terminal atau Terminal Peti Kemas adalah fasilitas di mana barang atau kargo
dipindahkan antara alat transportasi yang berbeda untuk seterusnya dikirim ke
alamat tujuan. Perpindahan kargo mungkin terjadi antara kapal kontainer dengan
kendaraan darat, kereta atau truk dan disebut Terminal Peti Kemas Maritim.
Perpindahan kargo bisa terjadi antara kendaraan darat misal antara kereta
dengan truk dan biasa disebut Terminal Peti Kemas Darat.
Port of Hamburg http://www.portofhamburg.com/en/fotostrecke/gallery-container-terminals |
Container Terminal Port of Hamburg http://www.portofhamburg.com/en/fotostrecke/gallery-container-terminals |
Container Terminal Port of Hamburg http://www.portofhamburg.com/en/fotostrecke/gallery-container-terminals |
Container Terminal Port of Singapore http://en.wikipedia.org/wiki/File:Port_of_Singapore_Keppel_Terminal.jpg |
Terminal
Peti Kemas Maritim cenderung menjadi bagian dari pelabuhan yang lebih besar,
dan dapat ditemukan di sekitar pelabuhan utama. Terminal Peti Kemas Darat
cenderung terletak di atau dekat kota-kota besar, dan berhubungan dengan
sambungan rel dengan Terminal Peti Kemas Maritim.
Kedua
terminal biasanya menyediakan fasilitas penyimpanan untuk kontainer yang berisi
dan kosong. Kontainer yang berisi disimpan untuk jangka waktu yang relatif
singkat, sementara menunggu transportasi seterusnya, sementara kontainer
kososng diturunkan dapat disimpan untuk waktu yang lebih lama menunggu
penggunaan berikutnya. Kontainer atau peti kemas biasanya ditumpuk untuk
penyimpanan.
Dalam beberapa tahun terakhir kemajuan metodologis
mengenai operasi terminal kontainer telah jauh membaik.
RANK
|
PORT,
COUNTRY
|
VOLUME
2010 (MILLION-TEUS)
|
VOLUME
2011 (MILLION-TEUS)
|
WEBSITE
|
1
|
Shanghai, China
|
29.07
|
31.74
|
|
2
|
Singapore, Singapore
|
28.43
|
29.94
|
|
3
|
Hong Kong, China
|
23.70
|
24.38
|
|
4
|
Shenzhen, China
|
22.51
|
22.57
|
|
5
|
Busan, South Korea
|
14.18
|
16.17
|
|
6
|
Ningbo-Zhoushan, China
|
13.14
|
14.72
|
|
7
|
Guangzhou Harbor, China
|
12.55
|
14.26
|
|
8
|
Qingdao, China
|
12.01
|
13.02
|
|
9
|
Jebel Ali, Dubai, United Arab Emirates
|
11.60
|
13.01
|
|
10
|
Rotterdam, Netherlands
|
11.14
|
11.88
|
|
11
|
Tianjin, China
|
10.08
|
11.59
|
|
12
|
Kaohsiung, Taiwan, China
|
9.18
|
9.64
|
|
13
|
Port Kelang, Malaysia
|
8.87
|
9.60
|
|
14
|
Hamburg, Germany
|
7.91
|
9.04
|
|
15
|
Antwerp, Belgium
|
8.47
|
8.66
|
|
16
|
Los Angeles, U.S.A.
|
7.83
|
7.94
|
|
17
|
Keihin Ports, Japan*
|
7.48
|
7.64
|
|
18
|
Tanjung Pelepas, Malaysia
|
6.47
|
7.50
|
|
19
|
Xiamen, China
|
5.82
|
6.47
|
|
20
|
Dalian, China
|
5.24
|
6.40
|
|
21
|
Long Beach, U.S.A.
|
6.26
|
6.06
|
|
22
|
Bremen/Bremerhaven, Germany
|
4.89
|
5.92
|
|
23
|
Laem Chabang, Thailand
|
5.19
|
5.73
|
|
24
|
Tanjung Priok, Indonesia
|
4.61
|
5.62
|
|
25
|
New York-New Jersey, U.S.A.
|
5.29
|
5.50
|
|
26
|
Lianyungung, China
|
3.87
|
4.85
|
|
27
|
Hanshin Ports, Japan*
|
4.51
|
4.80
|
|
28
|
Suzhou, China
|
3.64
|
4.69
|
|
29
|
Ho Chi Minh, Vietnam
|
4.29
|
4.53
|
|
30
|
Jawaharlal Nehru, India
|
4.27
|
4.53
|
|
31
|
Valencia, Spain
|
4.20
|
4.30
|
|
32
|
Colombo, Sri Lanka
|
4.14
|
4.26
|
|
33
|
Yingkou, China
|
3.34
|
4.03
|
|
34
|
Jeddah, Saudi Arabia
|
3.83
|
4.01
|
|
35
|
Port Said, Egypt
|
3.63
|
3.91
|
|
36
|
Felixstowe, U.K.
|
3.81
|
3.74
|
|
37
|
Algeciras Bay, Spain
|
2.80
|
3.60
|
|
38
|
Colon, Panama
|
2.81
|
3.37
|
|
39
|
Manila, Philippines
|
3.16
|
3.26
|
|
40
|
Balboa, Panama
|
2.76
|
3.23
|
|
41
|
Sharjah, United Arab Emitrates
|
3.02
|
3.23
|
|
42
|
Salalah, Oman
|
3.48
|
3.20
|
|
43
|
Santos, Brazil
|
2.72
|
2.99
|
|
44
|
Georgia Ports, U.S.A.
|
2.83
|
2.94
|
|
45
|
Foshan, China
|
3.03
|
2.92
|
|
46
|
Bandar Abbas, Iran
|
2.60
|
2.80
|
|
47
|
Durban, South Africa
|
2.55
|
2.71
|
|
48
|
Ambarli, Turkey
|
2.54
|
2.69
|
|
49
|
Nagoya, Japan
|
2.55
|
2.62
|
|
50
|
Metro Vancouver, Canada
|
2.51
|
2.51
|
|
50 (tie)
|
Melbourne, Australia
|
2.35
|
2.51
|
http://en.wikipedia.org/wiki/Container_terminal