Sabtu, 22 Desember 2012

Sejarah Sepeda Gunung




Sejarah sepeda gunung dan bersepeda gunung hampir sama panjang dan bervariasi seperti sepeda itu sendiri. Awalnya dikenal sebagai Klunkerz, sepeda ini telah naik off-road sejak penemuan mereka. Pada tahun 1988, Mountain Bike Hall of Fame (http://www.mtnbikehalloffame.com/page.cfm?pageid=3) didirikan di Colorado, Amerika Serikat untuk mencatat sejarah sepeda gunung dan bersepeda gunung, dan untuk mengenali individu dan kelompok yang telah memberikan kontribusi signifikan terhadap olahraga ini.

Tahun 1800
Salah satu contoh pertama dari sepeda dimodifikasi khusus untuk off-road adalah ekspedisi Buffalo Soldiers dari Missoula, Montana ke Yellowstone dan kembali pada Agustus 1896.

Pasukan Buffalo, Infantri ke-25 Ameerika Serikat tahun 1896, 
http://www.urbansimplicity.com/2012/02/buffalo-soldiers.html


Tahun 1900-1960-an
Contoh lain awal mengendarai sepeda off-road adalah ketika jalan pengendara sepeda balap yang digunakan cyclo-cross sebagai sarana menjaga kebugaran selama musim dingin. Cyclo-cross akhirnya menjadi olahraga sendiri di tahun 1940-an, dengan kejuaraan dunia pertama pada tahun 1950. The French Velo Cross Club Parisien (VCCP) terdiri dari sekitar dua puluh satu pengendara sepeda muda dari pinggiran kota Paris, yang antara tahun 1951 dan 1956 mengembangkan olahraga yang sangat mirip dengan masa kini bersepeda gunung.
The Fellowship Roughstuff didirikan pada tahun 1955 oleh pengendara sepeda off-road di Inggris. Di Oregon, salah satu anggota klub Chemeketan, D. Gwynn, membangun sepeda trail medan kasar pada tahun 1966 dan dia menamakannya "sepeda gunung" untuk tempat yang dimaksudkan penggunaan sepedanya tersebut. Ini mungkin penggunaan pertama dari nama Sepeda Gunung.
Sepeda Cleeland 670b-700c cross country cycles
http://clelandcycles.wordpress.com/history/ 

Di Inggris pada tahun 1968, Geoff Apps, pengendara sepeda motor uji coba, mulai bereksperimen dengan desain sepeda off-road. Pada 1979 ia telah mengembangkan sepeda ringan kustom dibangun yang unik cocok untuk off-road kondisi basah dan berlumpur seperti bagian selatan-timur Inggris. Sepeda dirancang sekitar 2 inch x 650b ban salju Nokian meskipun versi (29er) 700C juga diproduksi. Ini dijual di bawah merek Cycles Cleland sampai akhir tahun 1984. Sepeda berdasarkan desain Cleland ini juga dijual oleh English Cycles dan Highpath Engineering sampai awal 1990-an.

Tahun 1970-1980-an
Ada beberapa kelompok pengendara di berbagai wilayah Amerika Serikat yang dapat membuat klaim yang sah untuk memainkan bagian dalam kelahiran olahraga. Riders di Crested Butte, Colorado dan Cupertino, California bermain-main dengan sepeda off-road. Modifikasi sepeda cruiser berat, 1930 dan '40s Schwinn sepeda dipasang dengan rem yang lebih baik dan ban lemak, digunakan untuk freewheeling menuruni jalur gunung di Marin County, California pada pertengahan-ke-akhir 1970-an. Pada saat itu, tidak ada sepeda gunung. Para nenek moyang awal dari sepeda gunung modern yang berbasis di sekitar frame dari sepeda cruiser seperti yang dibuat oleh Schwinn. 
Schwinn Excelsior Klunker  http://mombat.org/MOMBAT/Bikes/Excelsior.html 

The Excelsior Schwinn adalah bingkai / frame pilihan karena geometri. Riders menggunakan ban dalam dan memodifikasi sepeda  dengan gigi dan motorcross atau gaya setang BMX, untuk menciptakan "klunkers". Istilah ini juga akan digunakan sebagai kata kerja sejak istilah "bersepeda gunung" itu belum digunakan. Pengendara akan adu cepat menuruni gunung, menyebabkan rem hub untuk membakar bagian dalam grease, membutuhkan pengendara untuk mengepak bantalan. Ini disebut "Repack Races" dan memicu inovasi pertama dalam teknologi sepeda gunung serta minat awal masyarakat. Olahraga ini berasal di California pada Marin County Gunung Tamalpais.
George Newman on Repack, 1976. Photo courtesy Charlie Kelly’s website.  http://www.singletracks.com/blog/uncategorized/happy-birthday-mountain-biking/
Tidak sampai akhir 1970-an dan awal 1980-an bahwa jalan perusahaan sepeda mulai memproduksi sepeda gunung menggunakan material berteknologi tinggi ringan. Joe Breeze biasanya dikreditkan dengan memperkenalkan tujuan-dibangunnya sepeda gunung pertama pada tahun 1978. Tom Ritchey kemudian melanjutkan untuk membuat frame untuk sebuah perusahaan bernama mountainbikes, kemitraan antara Gary Fisher, Charlie Kelly dan Tom Ritchey. Tom Ritchey, tukang las dengan keterampilan dalam membangun frame, juga membangun sepeda aslinya. Tiga perusahaan mitra akhirnya dibubarkan kemitraan mereka, dan perusahaan menjadi Fisher Mountain Bikes, sementara Tom Ritchey memulai toko bingkai sendiri. Sepeda gunung pertama pada dasarnya frame sepeda jalan (dengan tubing berat dan geometri yang berbeda) dengan bingkai yang lebih luas dan garpu untuk memungkinkan ban yang lebih luas. Setang juga berbeda dalam bahwa mereka lurus, melintang-mount stang, bukan, setang turun melengkung yang biasanya dipasang pada sepeda balap jalanan. Juga, beberapa bagian di sepeda gunung produksi awal diambil dari sepeda BMX. Kontributor lainnya adalah Otis Guy dan Keith BONTRAGER.
BMX Bike  http://en.wikipedia.org/wiki/BMX_bike

Tom Ritchey membangun teratur bingkai gunung pertama sepeda, yang diasesorikan oleh Gary Fisher dan Charlie Kelly dan dijual oleh perusahaan mereka disebut mountainbikes (kemudian berubah menjadi Fisher Mountain Bikes kemudian dibeli oleh Trek, masih dengan nama Gary Fisher, saat ini dijual sebagai s Trek "Gary Fisher Collection"). Dua yang pertama sepeda gunung massal yang berahasil dijual pada awal tahun 1980: yang Stumpjumper khusus dan Univega Alpina Pro. Pada tahun 2007 film dokumenter Klunkerz: Sebuah Film Tentang Sepeda Gunung dirilis. Film ini mendokumentasikan subjek sejarah sepeda gunung selama periode formatif di Northern California.
Pada saat itu, industri sepeda tidak terkesan dengan sepeda gunung, yang banyak dianggap sebagai sebuah trend jangka pendek. Secara khusus, produsen besar seperti Schwinn dan Fuji gagal melihat pentingnya sebuah sepeda segala medan dan ledakan datang 'olahraga petualangan'. Sebaliknya, sepeda gunung pertama yang diproduksi secara massal yang dipelopori oleh perusahaan baru seperti mountainbikes (kemudian, Fisher Gunung Bikes), Ritchey, dan Specialized. Khusus adalah sebuah perusahaan startup Amerika yang diatur untuk produksi frame sepeda gunung dari pabrik-pabrik di Jepang dan Taiwan. Pertama dipasarkan pada tahun 1981, sepeda gunung khusus yang sebagian besar diikuti bingkai geometri Tom Ritchey, tetapi menggunakan las TIG untuk bergabung dengan tabung bingkai bukan fillet-mematri, proses lebih cocok untuk produksi massal dan yang membantu untuk mengurangi tenaga kerja dan biaya produksi. Sepeda yang dikonfigurasi dengan 15 gigi menggunakan derailleur pergeseran, chainrings tiga, dan lima roda belakang.

Tahun 1990-2000-an
Sepanjang tahun 1990-an dan dekade pertama abad ke-21, bersepeda gunung menjadi pilihan olah raga. Sepeda gunung dan perlengkapan sepeda gunung yang dulunya hanya tersedia di toko-toko khusus atau melalui mail order menjadi tersedia di toko sepeda standar. Pada dekade pertengahan pertama abad ke-21, bahkan department store seperti Wal-Mart mulai menjual sepeda gunung murah dengan rem penuh suspensi dan disc. Pada dekade pertama abad ke-21, kecenderungan sepeda gunung termasuk "all mountain bike ", 29er dan singlespeed tersebut. The "all mountain bike" dicirikan oleh 4-6 inci (100-150mm), kemampuan untuk turun dan menangani kondisi yang sangat kasar dan pedal masih efisien untuk memanjat. Sepeda 29er adalah mereka menggunakan ukuran 700C rims (seperti yang dilakukan kebanyakan sepeda jalan), tetapi lebih luas dan cocok untuk ban dari dua inci (50mm) lebar atau lebih, roda diameter peningkatan mampu berguling hambatan yang lebih baik dan menawarkan patch ban kontak yang lebih besar , tetapi juga menghasilkan wheelbase lebih panjang, membuat sepeda kurang tangkas, dan dalam ruang perjalanan kurang untuk suspensi, sehingga 29er ini tidak cocok untuk pengendara kecil dan jalan berkelok-kelok kecil. Kecepatan tunggal dianggap kembali ke kesederhanaan dengan tidak ada komponen drivetrain atau shifter, namun demikian membutuhkan pengendara kuat.
2010 Orbea All Mountain Bike,
http://www.bikerumor.com/2010/03/28/first-look-2010-orbea-rallon-150mm-travel-lightweight-enduro-mountain-bike/

2010 Orbea All Mountain Bike,
http://www.bikerumor.com/2010/03/28/first-look-2010-orbea-rallon-150mm-travel-lightweight-enduro-mountain-bike/ 


2010 Orbea All Mountain Bike,
http://www.bikerumor.com/2010/03/28/first-look-2010-orbea-rallon-150mm-travel-lightweight-enduro-mountain-bike/ 

Mengikuti tren yang berkembang di 29-inch sepeda (29ers sebagaimana disebutkan di atas), ada kecenderungan lain dalam komunitas bersepeda gunung yang melibatkan ukuran ban. Salah satu yang lebih umum adalah, baru 650B agak esoterik dan eksotis (27,5 inci). Ukuran roda, berdasarkan pada ukuran roda jelas untuk tur sepeda jalan. Kecenderungan lain yang menarik di sepeda gunung adalah perlengkapan melompat kotoran atau sepeda perkotaan dengan garpu kaku. Sepeda ini biasanya menggunakan garpu perjalanan 4-5 "suspensi Produk yang dihasilkan digunakan untuk tujuan yang sama seperti sepeda asli.  Dalam dekade pertengahan pertama abad ke-21, peningkatan jumlah sepeda gunung berorientasi resort dibuka. Seringkali, mereka sama atau di kompleks yang sama sebagai resor ski, atau resort dengan rintangan seperti Taman MTB Indoor Ray taman sepeda gunung yang dioperasikan sebagai kegiatan musim panas di bukit ski biasanya, termasuk chairlifts yang disesuaikan dengan sepeda, jumlah jalan, berbagai kesulitan, dan fasilitas penyewaan sepeda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar